Sabtu, 19 April 2014

6 Cara Cegah Kulit Kering

Kulit kering sering menjadi masalah buat semua cewek, terutama yang harus bekerja dalam ruangan ber-AC. Memiliki kulit kering dan kusam bikin nggak pede, sih. Padahal kulit merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan langsung dengan orang lain. Nggak heran paling gampang menarik perhatian. Biar kulit nggak kering dan kusam, ikuti, nih, enam cara mencegah kulit kering. Mudah, kok. 

Pilih air bersuhu normal
Biasakan mandi dengan air biasa, tidak terlalu hangat atau dingin. Mandi air hangat memang membuat tubuh semakin rileks, rasa pegal-pegal setelah beraktivitas juga dapat hilang seketika. Tapi air hangat dapat membuat kulit mudah kering dan kehilangan kadar minyak.

Gunakan sabun khusus muka
Jangan pernah menggunakan sabun tubuh untuk membersihkan wajah, atau sebaliknya. Kulit tubuh dan wajah memiliki tingkat kelembapan berbeda. Oleh karena itu para ahli juga memberikan formulasi keasaman berbeda untuk keduanya. Menggunakan sabun mandi pada kulit wajah dapat membuat kulit wajah mudah mengering.

Konsumsi air putih
Air merupakan sumber kelembapan utama bagi tubuh. Cukup mengonsumsi air putih tidak hanya baik untuk mengatasi kulit kering tapi juga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasakan meminum air putih sebelum tidur dan setelah bangun, serta di sela kegiatan sehari-hari.

Gunakan pelembap
Biasakan menggunakan body lotion setiap hari setelah mandi dan sebelum tidur. Gunakan kembali setiap 2-3 jam sekali. Hindari menggunakan body lotion yang terlalu banyak mengandung pewangi atau retinoid karena berpotensi merusak kulit. Sebaiknya pilih body lotion yang mengandung ekstrak buah-buahan atau tumbuhan dengan tambahan vitamin.

Atur makanan
Perbanyak makan buah dan sayuran berwarna seperti wortel, tomat, alpukat karena memiliki kandungan minyak dan lemak yang baik bagi kelembapan kulit.

Konsumsi madu
Rajin mengonsumsi madu dapat memperbaiki sel kulit dari dalam. Madu memiliki kandungan yang dapat melembutkan kulit dan membersihkan sel-sel kulit mati.


Tidak ada komentar: