Senin, 28 April 2014

Trik Agar Rapat Efektif

Bisa dibilang salah satu kegiatan yang memakan waktu kerja kita adalah rapat. Meskipun dilakukan untuk membahas berbagai hal penting terkait pekerjaan, sering kali hasilnya nggak maksimal karena jadi ajang mengobrol. Nah, agar rapat lebih efektif dan nggak memakan banyak waktu. pastikan…


Menghindari keterlambatan
Sering kali rapat tertunda karena menunggu kehadiran peserta rapat. Untuk menghindari hal itu buat aturan yang tegas agar semua bisa hadir tepat waktu. Beri hukuman, misalnya denda atau teguran keras bagi yang datang terlambat. Dengan begitu, banyak yang akan kapok tuh untuk ngaret.

Membuat agenda rapat
Tulis apa saja yang akan dibahas dalam rapat agar topik yang melenceng ke mana-mana. Jika ada pembicaraan yang keluar dari agenda, langsung di-cut dan fokuskan kembali ke topik awal.

‘Memusuhi’ ponsel
Jangan memainkan ponsel selama rapat dan aktifkan fitur silent agar tidak mengganggu konsentrasi peserta rapat. Jika Anda adalah pemimpin rapat, minta semua yang hadir melakukan hal yang sama. Pasalnya, ponsel selalu jadi pengacau konsentrasi saat rapat.

Buat notulen
Jangan lupa minta sekretaris untuk mencatat atau merekam semua hal yang dibahas dalam rapat. Setelah itu, buat notulen yang rapi dan kirimkan kepada peserta rapat. Jangan lupa sertakan keterangan apa yang harus dilakukan tiap orang untuk menindaklanjuti hasil rapat.

Jadi nggak buang-buang waktu!!!

Tidak ada komentar: