Minggu, 21 April 2013

5 Hal Sebelum Marah Sama Sobat


Pernah nggak merasa bete dan kesal sama sobat? Rasanya, amarah pengen langsung ditumpahkan saat itu juga. Nah, sebelum meledak, pertimbangkan dulu lima hal berikut ini:

Klarifikasi. Pastikan kita sudah cross check atau bertanya kepada sobat, apapun permasalahannya. Kalau nggak, bisa jadi kemarahan kita salah arah. Ujung-ujungnya kita juga yang bakal merasa bersalah.

Berkaca. Sebaliknya, cek juga ke diri sendiri. Apakah kita juga punya kesalahan. Siapa tahu, teman kita itu bertingkah menyebalkan gara-gara sikap kita.

Lihat Kondisi Sobat. Saat sobat bersikap super jutek atau mendadak membentak kita, jangan langsung membalasnya dengan sengit. Bisa jadi sobat sebenarnya sedang mengalami masalah berat yang nggak berkaitan sama kita. Dan ia menumpahkannya dengan bersikap judes.

Minimalisir Emosi. Kita boleh menegur dan protes sama sobat saat ia salah. Tapi pastikan jangan emosi saat melakukannya. Biasanya saat emosi, kemarahan pun jadi lebay dan nggak sesuai denga kesalahan yang dilakukan. Alhasil, bisa ribut besar, bahkan bikin persahabatan bubar.   

Ingat Kebaikannya. Mungkin ia memang salah dan kita berhak marah. Tapi jangan lupakan hal baik yang pernah sobat lakukan. Jangan sampai satu kesalahannya menghapus kesetiaan dan kebaikannya selama ini.

Tidak ada komentar: